Tuesday, November 5, 2013

Persaingan Pepsodent dan Ciptadent


Pepsodent dan Ciptadent adalah dua Brand Pasta gigi ternama di Indonesia, Persaingan antara dua Brand Pasta gigi ini pun cukup ketat. Disini saya akan menganalisis kedua brand tersebut dan akan menilai yang mana antara Brand tersebut yang lebih unggul.
Brand Pepsodent
Pepsodent adalah pasta gigi yang paling terkenal dan tertua di Indonesia, sejak awal keberadaannya selalu memberikan lebih dari sekedar kemanjuran dasar. Pepsodent adalah pasta gigi pertama di Indonesia yang kembali meluncurkan pasta gigi berflorida pada tahun 1980-an dan satu-satunya pasta gigi di Indonesia yang secara aktif mendidik dan mempromosikan kebiasaan menyikat gigi secara benar melalui program sekolah dan layanan pemeriksaan gigi gratis. Sejak itu Pepsodent telah melengkapi jajaran produknya mulai dari pembersihan dasar hingga pasta gigi dengan manfaat lengkap.
Pada tahun 2006, Pepsodent telah meluncurkan dan meluncurkan kembali varian lengkap Pepsodent Barunya
Kelebihan Brand Pepsodent
  • Brand pepsodent sudah lama di Indonesia sehingga sebagian besar orang sudah mengetahui kualitas dari pepsodent. 
  • Pepsodent memiliki banyak variasi, mulai dari Pepsodent untuk anak, whitening, herbal, hingga sensitive expert.
  • Produk pepsodent mudah didapat karena dijual di supermarket dan minimarket di berbagai kota di Indonesia.
  •   Harganya pun relatif terjangkau.
  • Pepsodent pun senantiasa bekerja sama dengan PDGI untuk mempromosikan brandnya.


Kelemahan Brand Pepsodent
  •  Promosi yang disuguhkan Pepsodent belakangan ini terlalu singkat.
  • Iklan Pepsodent secara bergantian hanya menampilan adegan menyikat gigi ataupun mengetes kekuatan gigi depan westafel dan cermin.
  • Beberapa konsumen bosan dan tidak dapat membedakan iklan Pepsodent yang terdiri dari beberapa jenis.
  • Untuk iklan Pepsodent sensitive expert, terkesan meniru brand yang sudah lama mengusung dan mengincar pasar gigi sensitive.



Brand Ciptadent

Ciptadent adalah pasta gigi dengan Hygie-Lite, Fluoride ganda, dan Kalsium, serta Vitamin E memberikan perlindungan yang sempurna terhadap gigi Anda. Hygie-Lite menjadikan gigi extra putih, extra bersih. Fluoride ganda melindungi bagian dalam email gigi dan bagian luar gusi serta akar gigi. Kalsium menguatkan seluruh bagian gigi hingga ke akarnya. Mengandung vitamin E memperlancar peredaran darah di gusi. Tersedia dalam berbagai kemasan: tube 35g, 80g, 130g, dan 200g.
Di samping mengembangkan produk content sebagai bagian Product Life Cycle strategi, Ciptadent juga terus melakukan inovasi dalam kemasan, rasa, warna, bentuk, ukuran dan merancang produknya sesuai dengan segmentasi pasarnyaorang dewasa dan anak-anak.

Salah satu strategi promosi Ciptadent adalah dengan memberikan beasiswa kepada pelajar. Beasiswa ini ditujukan bagi mereka yang masih duduk di bangku SD dan juga SMP. Ciptadent turut membantu anak bangsa yang kurang mampu untuk menelan pendidikan di bangku sekolah. Kampanye beasiswa ini mengajak kita untuk menggunakan Ciptadent dan menyisihkannya untuk beasiswa. Ciptadent baru-baru ini juga mengubah kemasannya menjadi lebih berkilau dan terkesan mewah dari sebelumnya. Ciptadent pun mengusung konsep iklan dengan gaya popular. Menggunakan seorang model cantik yang tampil sangat percaya diri dengan warna giginya yang putih dan bersih.

Kelebihan Brand Ciptaden
  •  Brand Ciptadent kini hadir dengan kemasan yang mudah di ingat.
  • Harganya pun relatif terjangkau.
  • Ciptadent pun mulai berinovasi dan memperbanyak promosi di media.

Kelemahan Brand Ciptadent
  • Promosi yang dihadirkan Ciptadent di media televisi tidak banyak
  •  Iklan Ciptadent belum memiliki ciri khusus.


Dari paparan diatas , saya dapat menilai bahwa Brand Pasta gigi Pepsodent lebih unggul Dibandingkan Brand Pasta gigi Ciptadent. Ada beberapa faktor mengapa Brand Pepsodent lebih unggul dibandingkan Brand Ciptadent.
  • Pepsodent adalah merek terkemuka di sebagian besar negara Asia dengan Indonesia dan India sebagai pasar terbesar. Sedangkan Ciptadent pangsa pasarnya hanya di Indonesia.
  • Pepsodent merupakan satu-satunya merek pasta gigi yang diakui oleh FDI, Federasi Gigi Dunia, di samping asosiasi dokter gigi di dalam negeri.
  • Pepsodent  lebih serig menghadirkan promosi di media televisi dibanding ciptadent sehingga brand   pepsodent lebih dikenal masyarakat
  • Pepsodent memiliki banyak varian dibandingkan dengan ciptadent
  • Pepsodent lebih cepat dalam mengeluarkan inovasi terbaru pada varian pasta giginya sedangkan Ciptadent lebih lamban dalam mengeluarkan inovasi

 Sumber : http://mgiswandhani.blogspot.com/2013/03/analisis-swot-pepsodent-dan-ciptadent.html


No comments:

Post a Comment